RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik
dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester :
X / II
Materi
Pokok : Gambaran Kerajaan Allah pada Zaman Yesus
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan ( 6 JP)
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif
dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
1.8. Menghayati Yesus
Kristus yang datang untuk mewartakan dan memperjuangkan Kerajaan Allah
|
1.8.1.
Bersyukur
kepada Allah yang telah mengutus putra-Nya
untuk mewartakan dan memperjuangkan kerajaan Allah
|
2.8. Berperilaku tanggung jawab
sebagai pengikut Yesus Kristus
yang datang untuk mewartakan dan memperjuangkan Kerajaan Allah
|
2.8.1.
Mewujudkan
nilai-nilai kerajaan Allah dalam kehidupan bermasyarakat
2.8.2.
Terlibat
aktif dalam memperjuangkan dan menegakkan nilai-nilai kerajaan Allah dalam
kehidupan sehari-hari.
|
3.8 Memahami makna kedatangan Yesus Kristus
yang mewartakan dan memperjuang-kan Kerajaan Allah
|
3.8.1
Menjelaskan makna kerinduan masyarakat tentang
masa depan yang diharapkannya terkait dengan latar belakang masyarakat yang
bersangkutan
3.8.2
Menjelaskan berbagai paham Kerajaan Allah yang berkembang pada
masyarakat Yahudi pada zaman Yesus serta faktor-faktor yang melatar belakanginya
3.8.3
Menjelaskan
gagasan pokok tentang Kerajaan Allah yang diwartakan oleh Yesus semasa
hidup-Nya.
|
4.8. Bersaksi tentang Yesus Kristus yang datang untuk
mewartakan dan memperjuang-kan Kerajaan Allah
|
4.8.1. Menyajikan perilaku hidup yang mencerminkan
penghayatan
nilai-nilai kerajaan Allah.
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama:
1. Melalui kegiatan
wawancara kepada masyarakat, peserta didik dapat memahami keterkaitan antara
latarbelakang seseorang dengan harapan mereka tentang masa depannya.
2. Setelah membaca
uraian yang telah disediakan peserta didik mampu memahami konteks masyarakat
Yahudi pada zaman Yesus dan berbagai paham Kerajaan Allah yang hidup dalam
masyarakat bangsa Yahudi
Pertemuan
Kedua :
1. Setelah
merenungkan teks Kitab Suci, peserta didik mampu memahami faham Kerajaan Allah
yang diwartakan Yesus
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama:
1. Berbagai
pandangan masyarakat tentang masa depannya(ekonomi, social, kehidupan religius
dan politik)
2. Situasi sosial pada zaman Yesus yang melatarbelakangi paham
mereka tentang Kerajaan Allah
Pertemuan Kedua:
1.
Paham Yesus tentang
Kerajaan Allah
E.
METODE PEMBELAJARAN
Metode : Wawancara, Pendekatan Kateketis dan
Pendekatan Saintifik
F.
SUMBER BELAJAR
1. Kitab
Suci (Mrk14 : 1-15),
Luk 4: 14-21, Luk 10:1-11,Luk 21 :25-31,
2. Komisi
Kateketik KWI,Pendidikan Agama Katolik
untuk SMA/K KelasX, Kanisius Yogyakarta, 2010
3. Konverensi Wali Gereja Indonesia, Iman Katolik, Kanisius Yogyakarta, 1995
4.
Katekismus Gereja Katolik, Nusa Indah, Flores, 1995
5.
Albert Nolan, Yesus Kristus Sebelum
Agama Kristen, Penerbit Kanisius
6.
MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media :
·
Kitab Suci (Mrk14 : 1-15), Luk 4: 14-21, Luk 10:1-11,Luk 21
:25-31
·
Hasil wawancara siswa dengan
masyarakat tentang keadaan sosial,
politik dan ekonomi dan kehidupan religius yang
kini dialami
·
Buku pegangan siswa hal 2
·
Foto doa bersama untuk mewujudkan perdamaian
di Palestina oleh Paus Fransiskus,
perdana menteri Israel dan Palestina
2. Alat dan bahan:
·
Laptop
·
In focus
·
LCD
·
Speaker
7.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
PERTEMUAN PERTAMA:
a.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
1)
Guru mengajak peserta didik mengawali pelajaran
dengan mendaraskan bersama Doa Pembuka dalam Buku Siswa, halaman 2)
2)
Apersepsi: Guru bertanya: Bagaimana situasi
masyarakat saat ini (Ekonomi, Social, Budaya, kehidupan
religius dan politik) dan apa harapan mereka ke depan ?
3)
Guru menyampaikan garis besar tujuan
pembelajaran tentang perlunya memahami situasi masyarakat saat itu dan gagasan kerajaan Allah yang berkembang dalam bangsa Yahudi pada zaman Yesus
dan harapan-nya kedepan?
b.
Kegiatan Inti (95 menit)
1)
Mengamati
a)
Situasi kehidupan masyarakat dalam aspek ekonomi, social, Budaya, kehidupan
religius dan harapan mereka ke depan.
b)
Melihat Foto doa bersama untuk mewujudkan
perdamaian di Palestina oleh Paus Fransiskus I, perdana menteri Israel dan Palestina
c)
Mengamati situasi sosial, politik, ekonomi. Budaya dan kehidupan religius pada zaman Yesus yang
mempengaruhi pandangan mereka tentang kerajaan Allah
2)
Menanya
Peserta
didik mengajukan pertanyaan sehubungan
dengan hasil pengamatannya tentang situasi masyarakat saat ini dan situasi
masyarakat pada zaman Yesus.
Contoh
pertanyaan:
a)
Bagaimana situasi masyarakat kita pada saat ini ?
b)
Bagaimana situasi masayarakat pada zaman Yesus
?
c)
Apa yang menjadi harapan masyarakat pada saat
ini ?
d)
Apa yang menjadi harapan masyarakat pada zaman
Yesus?
e)
Mengapa masyarakat saat ini ingin adanya perubahan
yang lebih baik?
f)
Mengapa masyarakat pada zaman Yesus
menginginkan segera terwujudnya kerajaan Allah.
3)
Mengumpulkan
data
1.
Peserta didik melakukan wawancara dengan
masyarakat tentang situasi yang dialami sekarang (ekonomi, social, politik, Budaya dan kehidupan religius ).
2.
Mencari foto doa bersama Paus Fransiskus
perdana menteri Palestina dan Israel
3.
Mencari data latar belakang social politik dan
ekonomi dan kehidupan religius yang mempengaruhi konsep orang Yahudi
tentang kerajaan Allah dalam buku siswa
4. Mencari teks
Kitab Suci (Mrk14 : 1-15), Luk 4: 14-21, Luk 10:1-11,Luk 21:25-31
4)
Mengasosiasi
Peserta didik merumuskan kesimpulan hasil wawancara, merumuskan dampak
usaha untuk mewujudkan perdamaian
diantara bangsa-bangsa yang berkonflik oleh Paus Fransiskus dan merumuskan inti
pokok harapan gagasan kerajaan Allah menurut orang Yahudi.
5)
Mengkomunikasikan
Peserta didik, berbagi informasi tentang hasil wawancara dengan masyarakat,
pandangannya tentang doa bersama yang dilakukan oleh Paus Fransiskus dan
tanggapan mereka tentang harapan datangnya kerajaan Allah oleh bangsa Yahudi
6)
Mencipta
Peserta didik
menyusun doa tertulis yang bertema: Datangnya kerajaan Allah di
muka bumi
c.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Bersama peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas kedatangan Yesus yang mewartakan
kerajaan Allah
2)
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain
yang relevan) kepada siswa yang
berkinerja baik
3)
Peserta didik hening untuk merefleksikan
seluruh proses pembelajaran hari ini.
4)
Guru mengajak
peserta untuk menutup pertemuan dengan doa
spontan oleh salah seorang siswa
2.
PERTEMUAN KEDUA:
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)
Guru mengajak peserta didik mengawali pelajaran
dengan doa pembuka oleh salah seorang siswa
2)
Apersepsi: Guru meminta beberapa peserta didik
menyampaikan secara lisan gagasan-gagasan kerajaan Allah
yang berkembang pada zaman Yesus yang mirip dengan gagasan kerajaan
Allah menurut Yesus.
3)
Guru menyampaikan garis besar tujuan
pembelajaran tentang konsep kerajaan Allah menurut Yesus
B.
Kegiatan inti (95
menit)
1)
Mengamati
a) Peserta didik
mengamati Teks Kitab suci Kitab
Suci (Mrk14
: 1-15), Luk 4: 14-21, Luk 10:1-11, Luk 21:25-31
b)
Mengamati gagasan kerajaan Allah yang
disampaikan oleh Yesus dalam buku siswa
2)
Menanya
Peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan
dengan konsep Yesus tentang kerajaan Allah
Contoh pertanyaan:
a)
Apa konsep Yesus tentang kerajaan Allah
b)
Apa Tujuan Yesus menyampaikan gagasanNya
tentang kerajaan Allah ?
c)
Siapa yang akan melanjutkan karya
pewartaan kerajaan Allah?
d)
Dengan cara apakah kita mewartakan
kerajaan Allah pada masa kini ?
3)
Mengumpulkan
data
a)
Mengumpulkan teks Kitab Suci yang berbicara tentang kerajaan Allah. Mrk14 : 1-15,
Luk 4: 14-21, Luk 10:1-11, Luk 21:25-31
b)
Peserta didik membaca Kitab Suci Mrk14 : 1-15, Luk 4: 14-21, Luk 10:1-11, Luk
21:25-31 , untuk memperoleh informasi tentang paham Yesus tentang kerajaan
Allah
4)
Mengasosiasi
Peserta didik
menyimpulkan tentang tugas utama Yesus diutus ke dunia, mebayangkan konsep
Yesus itu terlaksana di dunia saat ini
5)
Mengkomunikasikan
a) Peserta didik menjelaskan pemahamannya tentang tugas tugas utama Yesus
diutus
b) Peserta didik merumuskan dengan kata-kata sendiri gagasan Yesus
tentang kerajaan Allah dalam bahasa sehari-hari
c) Peserta didik, membuat rencana aksi nyata untuk mewujudkan konsep kerajaan
Allah menurut Yesus dalam hidupnya sehari-hari
6)
Mencipta
1. Peserta didik
membuat rangkuman gagasan Yesus tentang kerajaan Allah
2. Membuat suuatu aksi sebagai peerwujutan nilai-nilai kerajaan Allah.
C.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain
yang relevan) kepada siswa yang
berkinerja baik.
2)
Guru menuntun peserta didik untuk berefleksi
tentang seberapa jauh konsep Yesus
tengang kerajaan Allah sudah dilakukan oleh para pengikutNya.
3)
Guru mengingatkan rencana aksi yang akan dilakukan
oleh masing-masing siswa, serta mewajibkan mereka untuk melaporkan aksinya secara tertulis.
4)
Bersama peserta didik menutup pertemuan dengan
doa penutup secara
spontan oleh seorang siswa
8. PENILAIAN
1. Sikap
Spiritual
a.
Tehnik :
Penilaian Diri
b.
Bentuk Instrumen : Lembar
Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi :
No
|
Sikap/ nilai
|
Butir instrumen
|
1.
|
Kagum akan Tuhan
|
1
|
2.
|
Merasa dicintai Tuhan secara istimewa
|
2
|
3.
|
Bangga karena memiliki Tuhan Yesus
|
3
|
4.
|
Mensyukuri karunia Tuhan
|
4
|
5.
|
Memohon datangnya kerajaan Allah
|
5
|
6.
|
Ikut serta mewartakankan nilai-nilai
kerajaan Allah
|
6
|
7.
|
Berjuang mewujudkan kerajaan Allah
|
7
|
Instrumen : lihat lampiran
2. Sikap
Sosial
a.
Tehnik :
Observasi
b.
Bentuk Instrumen : lembar Observasi
c.
Kisi-kisi :
No
|
Sikap/ nilai
|
Butir instrumen
|
1.
|
Berjuang untuk terciptanya kebenaran, keadilan, kesejahteraan, dan kedamaian dalam
masyarakat
|
1
|
2.
|
Kasih terhadap sesama
|
2 – 4
|
3.
|
Bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup
di sekitarnya ,masa depan dunia yang lebih baik
|
5 – 7
|
Instrumen : lihat lampiran
3.
Pengetahuan
a.
Tehnik :
Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
3.1.1Menginventarisasi masalah yang dihadapi masyarakat saat
ini,ekonomi,social,politik dan kehidupan imannya
|
1
|
2. 2
|
3.1.2.Menjelaskan
harapan akan masa depan yang lebih baik oleh masyarakat zaman ini
|
2
|
3.
|
3.1.3
Menjelaskan latarbelakang konsep orang Yahudi tentang kerajaan Allah.
|
3
|
4.
|
3.1.4 menjelaskan
pandangan kerajaan Allah yang berkembang pada zaman Yesus yang hidup dalam masyarakat
Yahudi.
|
4
|
5.
|
3.1.5
Merumuskan dengan kata-kata sendiri ajaran
Kitab Suci (Mrk14 : 1-15), Luk 4: 14-21, Luk 10:1-11, Luk
21:25-31tentang gagasan Yesus berkaitan dengan
kerajaan Allah
|
5
|
6.
|
3.1.6
Membuat perbandingan situasi yang dihadapi
masyarakat zaman ini dengan bangsa Yahudi serta mengaktualisasikan gagasan
Yesus tentang kerajaan Allah yang harus diperjuangkan untuk diwujudkan saat ini
|
6
|
4.
Ketrampil
a.
Tehnik :
Membuat Karya Tertulis
b.
Bentuk Instrumen` : Menyusun Doa Tertulis
c.
Kisi-kisi :
No
|
Sikap/ nilai
|
Butir instrumen
|
1.
|
Menyusun doa yang mengungkapkan rasa syukur dengan tema “Datangnya
kerajaan Allah di muka bumi.”
|
1
|
2.
|
Membuat rangkuman gagasan Yesus tentang kerajaan
Allah
|
1
|
Mengetahui Samarinda, 2016
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
Kristoforus Gustian, S.S S.Pd Fredi
Manik, A.Md