Selasa, 17 Januari 2017


RPP K13  KSPB


Satuan Pendidikan                  : SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda
Mata Pelajaran                       :Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester                      : X/II
MateriPokok                           : Kitab Suci Perjanjian Baru
Alokasi Waktu                         : 1 Pertemuan ( 2 JP)

A.        KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2  : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.         KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.7. Memahami tentang  Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani
1.         Menjelaskan proses tersusunnyaKitab Suci Perjanjian Baru;
2.         Menyebutkan bagian-bagian Kitab Suci Perjanjian Baru;
3.         Menjelaskan alasan membaca Kitab Suci
4.         Membaca danmerenungkanKitab Suci dengan baik.



C.         TUJUAN PEMBELAJARAN  
               Setelah melakukan berbagai kegiatan pembelajaran ,peserta didik mampu:
1.         Dengan membandingkan isi puisi dan cerita pengalaman dengan contoh kutipan Kitab Suci, peserta didik mampu memahami bahwa tradisi tulis sangat dipengaruhi oleh latarbelakang sang penulis
2.         Melalui kegiatan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, peserta didik mampu memahami makna kata Perjanjian Baru, sejarah tersususnnya, kitab-kitab yang ada di dalamnya serta pentingnya mendalami  Kitab Suci Perjanjian Baru
3.         Melalui latihan mendalami salah kutipan, peserta semakin menghayati  Perjanjian Baru sebagai firman Allah.

D.        MATERI PEMBELAJARAN 
                  1.                  Proses terjadinya Kitab Suci Perjanjian Baru.
                  2.                  Bagian-bagian Kitab Suci Perjanjian Baru
                  3.                  Alasan membaca Kitab Suci.
                  4.                  Usaha membaca Kitab Suci.


E.        METODE PEMBELAJARAN
1.      Saintifik
2.      Diskusi
3.      studi literature
4.      sharing pengalamaniman
5.         SUMBER BELAJAR
·   Kitab Suci Mrk 1:9-11; 2 Tim 3:15-17
·   Cerita tentang Terjemahan Kitab Suci
·   Komisi Kateketik KWI
·   Komisi Kateketik KWI,Pendidikan Agama Katolik untuk SMA/K Kelas X, Kanisius Yogyakarta, 2010.
·   Konferensi Wali Gereja Indonesia, Iman Katolik, Kanisius Yogyakarta, 1995
·   Buku Guru Pendidikan Agama Katolikdan Budi Pekerti.Jakarta:Kemendikbud RI, halaman 1-25
·   Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti. Jakarta: Kemendikbud RI, halaman 1-11
BukuReferensi:
------. 1995. Katekismus Gereja Katolik, Ende: PercetakanArnoldus Bakker., A. ,SVD. 1988.
Ajaran Iman Katolik 1 untuk Mahasiswa, Yogyakarta: Kanisius,
Hakenewerth,. Quentin,.SM. 1987.Ikutlah Panggilan Hidupmu. Jakarta: CLC.
Komkat KWI. 2010.Membangun Komunitas Murid Yesus, Buku Teks Pendidikan Agama Katolik untuk SMP Kelas VII.  Yogyakarta: Kanisius
KWI. 1996.  Iman Katolik, Buku Informasi dan Referensi. Yogyakarta: Kanisius ,
Leahy,. Louis. 1997. Sains dan Agama dalam Konteks Zaman Ini. Yogyakarta : Kanisius,
Lingkungan sekitar: kerusakan hutan disekitar tempat tinggal, penumpukkan sampah di sekitar tempat tinggal
6.         MEDIA PEMBELAJARAN
Media :
KitabSuci, Audio visual tentang Yesus Kristus
    
Alat dan bahan:
VCD, proyektor,

7.         LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN      
a.         KegiatanPendahuluan ( 10 menit )
Guru mengajak pesertadidik mengawali pelajaran dengan mendaraskan bersama Doa Pembuka (doa spontan oleh siswa)
Apersepsi: Guru bertanya:
·         Mengapa kita harus membaca Kitab Suci
·         Siapa tokoh sentral dalam Perjanjian Baru
·         Apa saja Kitab yang termasuk dalam perjanjian Baru?
Guru menyampaikangarisbesartujuanpembelajarantentangmemahamiKitabSuciPerjanjianBaru
b.      KegiatanInti (95menit)
            Mengamati
Menyimak  cerita  tentang Kitab Suci Perjanjian Baru tentang Yesus sebagai tokoh sentral
                       
            Menanya
Pesertadidikmengajukanpertanyaansehubungandenganhasilpengamatannyatentang “            KitabSuciPerjanjianBaru


Contoh pertanyaan:
a.         Mengapa disebut Perjanjian Baru?
b.         Perjanjian antara siapa dengan siapa?
c.          Siapa tokoh sentral dalam Perjanjian Baru
d.         Apa saja Kitab yang termasuk dalam perjanjian Baru?
            Mengumpulkan data
a.      Mengumpulkan informasi tentang arti  Kitab Suci Perjanjian Baru dari buku-buku referensi tentang Kitab Suci.
b.      Mengumpulkan informasi tentang proses terjadinya Kitab Suci Perjanjian Baru dari buku-buku referensi tentang Kitab Suci Perjanjian Baru.
c.       Mengelompokkan isi kitab suci Perjanjian Baru dari  dari  buku-buku referensi tentang Kitab Suci Perjanjian Baru atau dari buku Kitab Suci Perjanjian Baru itu sendir

Mengasosiasi
a.   Merumuskan arti  Kitab Suci Perjanjian Baru .
b.   Menyimpulkan  proses terjadinya Kitab Suci Perjanjian Baru
c.    Mengelompokkan isi kitab suci Perjanjian Baru.

Mengomunikasikan
a. Menuliskan refleksi tentang Kitab Suci Perjanjian Baru
b. Membuat iklan tentang ajakan untuk membaca dan mendalami kitab suci.
c. Membuat niat pribadi untuk membaca kitab  suci setiap hari mengikuti bacaan-bacaan yang tertera di kalender liturgi.

Mencipta
a. Dalam kelompok Membuat iklan tentang ajakan untuk membaca dan mendalami kitab suci.
b. Membuat niat pribadi untuk membaca kitab  suci setiap hari mengikuti bacaan-bacaan yang tertera di kalender liturgi.

b.      KegiatanPenutup (15 menit)
1)         Bersamapesertadidikmenyimpulkanhasilpembelajaranhariini, sertamendorongsiswasetiamembaca, merenungdanmenghayatiKitabSuci
2)         Guru memberikan penghargaan (misalnyapujianataubentukpenghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerjabaik
3)         Pesertadidikheninguntukmerefleksikanseluruh prosespembelajaranhariini.
4). Guru mengajak peserta didik mendaraskan Mazmur 62:2-13 berikut secara bergantian:


PENILAIAN
1.                  Sikap Spiritual
a.   Tehnik   : PenilaianDiri
b.   BentukInstrumen                    : lembar Penilaian Diri
c.     Kisi-kisi :
No
Sikap/ nilai
Butir instrumen
1.                              1
Kagumakan Sabda Tuhan
1
2.                              2
Setelah membaca Kitab Suci saya merasa dicintai Tuhan secara istimewa
2
3.                              3
Bangga terhadap Kitab Suci sebagai Pedoman hidup saya
3
4.                              4
Mensyukuri karunia Tuhan yang menyelamatkan saya
4
Instrumen :lihat lampiran
2.                  SikapSosial
a.   Tehnik   : Observasi
b.   BentukInstrumen                    : lembarObservasi
c.     Kisi-kisi :
No
Sikap/ nilai
Butirinstrumen
1.       
Tidakbersikapdiskriminatif
1
2.       
Hormatterhadapsesama
2
3.       
Bertanggungjawabterhadaplingkunganhidup di sekitarnya
3
Instrumen :lihatlampiran
3.      Pengetahuan
a.         Tehnik                         : Tertulis
b.         BentukInstrumen        : Uraian
c.           Kisi-kisi                       :

No.
Indikator
Butir Instrumen
1.       
Menjelaskan proses tersusunnya
Kitab Suci Perjanjian Baru;
1
2.       
Menyebutkan bagian-bagian Kitab Suci Perjanjian Baru;
2
3.       
Menjelaskan alasan membaca Kitab Suci
3
4.       
Membaca danmerenungkanKitab Suci dengan baik.
4


                                               

4. Ketrampilan :
a.         Tehnik                        : MembuatKaryaTertulis
b.         BentukInstrumen`      : MenyusunDoaTertulis
c.          Kisi-kisi                       :
No
Sikap/ nilai
Butirinstrumen
1.       
Doatertulis yang mengungkapkan rasa syukuratas Allah yang menyelamatkan
1 – 4

Lampiran :INSTRUMEN PENILAIAN

Penilaian Sikap Spiritual :
Petunjuk      : Nilailah dirimu sendiri, seberapa sering dirimu menyadari hal-hal berikut dalam kehidupanmu sehari-hari
4= selalu
3= sering (dalam 1 tahun minimal 12 kali)
2= kadang-kadang (dalam 1 tahunkurangdari 4 kali)
1=tidakpernah


Nomor
Pernyataan
Nilai
1
2
3
4
1.       
Saya kagum terhadap Allah yang telah mewahyukan Diri melaluiSabda-Nya




2.       
Saya menyadari bahwa Kitab Suci adalah Pedoman hidup saya




3.       
Saya merasa banggabahwa dengan membaca dan merenungkan Kitab  Suci saya semakin mengenal Pribadi Yesus dan beriman kepada-Nya sebagai Tuhan dan JuruSelamat.




4.       
Saya mensyukuri bahwa Tuhan bersabda kepada saya dalam bahasa manusia




Nilai:
7-12    =    Kurang
13-18  =    Cukup
19-24  =    Baik
24-28 =    Sangat Baik

Penilaian Sikap Sosial

4= selalu
3= sering (dalam 1 tahun minimal 12 kali)
2= kadang-kadang (dalam 1 tahunkurangdari 4 kali)
1=tidakpernah

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1
2
3
4

Menghormati sesama sebagai citra Allah yang berbeda keyakian
Sesuai ajaran Kitab Suci

1.   Bergaul dengan semua teman tanpa bertindak diskriminatif
2.   Bersikap hormat terhadap yang berbeda keyakinan
3.   Saya menghormati teman, yang sedang beribadah sesuai ajaran imannya





Terlibat aktif dalam membaca dan mendalami Kitab Suci
4.      Mengajak teman untuk bersikap sopan pada saat mendengarkan bacaan Kitab Suci
5.      Setia membaca Kitab Suci dalam doa pagi sesuai penanggalan liturgy sebelum pelajaran.




Nilai:
7-12    =    Kurang
13-18  =    Cukup
19-24  =    Baik
24-28 =    SangatBaik







Penilaian Pengetahuan

No.
Butir Instrumen
Score
1
Jelaskan proses tersusunnya
Kitab Suci Perjanjian Baru !

40
2
Mengelompakan bagian-bagian  Kitab Suci Perjanjian Baru

25
3.
Jelaskan alasan membaca Kitab Suci
10
4.
Bagaimana cara Membaca dan merenungkan Kitab Suci dengan baik.

15
.
Kolom berikut
Tindakan yang tidaksesuai
Tindakan yang sesuai kehendak Allah
                  …………..
            …………..
…………..
            …………..
…………..
            …………..
10

Nilai = Score yang diperoleh  x 100 %
              Score total


Penilaian Ketrampilan:

No.
Indikator penilaian
Score Total
1.
Struktur doa memuat: pujian, syukur dan permohonan
20
2.
Doa sesuai dengan tema
10
3.
Isi pemahaman tentang Kitab Suci    PB
50
4.
Bahasa, kata tepat, jelas dan bisa difahami
20
Score total
100

Nilai:
21-40      : Kurang
41-60      : Cukup
61-80      : Baik
81-100    : Sangat Baik

Mengetahui                                                                                        Samarinda,                    2016
Kepala Sekolah                                                                                                Guru Mata Pelajaran



Kristoforus Gustian, S.S S.Pd                                                                        Fredi Manik, A.Md
                                                           


1 komentar:

LKPD SISWA KELAS 10 MIPA 1

  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENGEMBANGKAN KARUNIA  ALLAH Sekolah                                 :     SMA Katolik Santo Fransis...